Skip to main content

...kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.

“Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.” (QS. 17:16)

Indonesia. Negeriku tercinta. Sudahkah tiba waktunya untuk bangkit (menjadi sadar kembali) dari tidur panjangnya?

Surah Al Israa’ ayat 16 itu benar-benar sesuai mencerminkan keadaan negeri kita ini. Tidakkah kita dengar berbagai perbincangan, diskusi dan debat di berbagai media tentang kebangkitan nasional, kebangkitan bangsa, dan kebangkitan harga diri manusia Indonesia?

Namun adakah kita dengar sejurus tentang kebangkitan ‘akhlak’ didengungkan oleh sesiapa (yang bukan penceramah agama)? Adakah kita berbicara tentang kembali kepada fitrah manusia sebagai makhluk yang ber-Tuhan?

Akh, itu omong kosong saja. Mungkin dianggap naif, dengan melihat kondisi negeri kita untuk berbicara soal akhlak manusia dan perihal Tuhan.

Dengarlah nasihat peringatan Allah pada ayat tersebut diatas… Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah). Negeri kita Indonesia tercinta sudah bukan rahasia lagi selama ini dikuras kekayaannya oleh pembesar-pembesar negeri kita, dijual sebagai bahan baku ekspor dan sebagainya, hasilnya sebagian besar masuk ke kantong-kantong pribadi mereka dan lahirlah segolongan orang-orang kaya. Kaya disini janganlah dianggap orang mampu yang punya rumah besar, pembantu banyak, tukang kebun, televisi layar lebar, mobil-mobil mewah, tidak orang kaya di negeri ini bukan sekedar materi seperti itu. Kekayaan yang dikatakan Allah adalah mereka segolongan orang yang kaya raya sehingga seharusnya mereka mentaati perintah Allah untuk menggunakan kekayaannya di jalan yang lurus, membangun negeri ini dengan kekayaannya, justru berbuat munkar. Allah berikan mereka kekayaan dan kekuasaan agar dapat merubah nasib rakyat dalam negerinya. Mereka mampu…. Tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu. Maka akibatnya sekarang negeri Indonesia mengalami kehancuran yang sehancur-hancurnya. Para penguasa yang kaya raya selama memerintah negeri ini telah mengakibatkan kerusakan parah di berbagai sendi perikehidupan negara Indonesia. Ekonomi morat-marit, kehidupan sosial carut-marut, tidak adanya strategi kebudayaan, rakyat yang miskin harta miskin pula jiwanya, apakah lagi yang tersisa? Tidak ada lagi kehancuran yang perlu ditunggu, karena kehancuran itu sudah didepan mata dan sama-sama kita alami. Bencana alam sudah berulang kali.

Kita saksikan bersama, orang-orang berada yang takut jatuh miskin berniaga dengan akal-akalan menipu supaya tampak halal, pengusaha menipu-nipu membeli minyak bersubsidi, penjual minyak bersubsidi menyusah-nyusahkan masyarakat, pupuk bersubsidi diekspor, pupuk untuk petani dipalsukan, jalanan dibiarkan rusak sementara anggaran terus diminta, kesejahteraan pribadi lebih diutamakan padahal dia adalah pelayan masyarakat, mengurus ktp sebulan tak siap-siap dengan alasan materai kosong, orang-orang berlagak miskin supaya dianggap sah berbuat salah, berbuat kriminal dengan alasan hidup susah, tidak ada disiplin dalam hidup tetapi tetap berharap mau hidup enak.

Adakah kebangkitan kembali dari kehancuran ini? Harapan kita satu-satunya adalah sabar dan tawakal (berpikiran positif) kepada Allah semata. Meminta keridhaanNya agar menumpahkan air Hidayah dari langit agar dapat membersihkan jiwa-jiwa yang gelap pada diri manusia-manusia yang telah diberikan kemampuan untuk merubah nasib bangsa dan memimpin di negeri ini.

Kalau para pemimpin negeri dan bangsa ini berbuat mungkar, siapa lagi yang dapat merubah nasib bangsa ini? Pemimpin mulai dari bapak dan ibu lurah, kepala lorong, anggota-anggota dpr dprd, para pengusaha, para pimpro, hingga kepada presiden dan panglima tertinggi di negeri ini, mampukah bangkit dari ketidaksadaran bahwa manusia Indonesia ini sudah lama tertidur dan tidak sadar bahwa telah mendarah-dagingkan berbagai kemungkaran sebagai kebiasaan. Haram dihalalkan, seperti korupsi tetapi dianggap bukan korupsi, berbagai tipu daya, mengolah-olah supaya tidak keliatan korupsi dan dianggap sah secara undang-undang. Memang manusia bisa ditipu, tapi hati sendiri dan Allah tidak mungkin ditipu. Kalaulah memang hati nurani sudah gelap tertutup, maka tidak akan pernah dapat kita harapkan kebangkitan apapun dari jiwa-jiwa yang seperti itu. Sungguh malulah kita untuk meminta hidayah diturunkan oleh Allah untuk mereka. Wallahualam.

Comments

Makasih,
Ini mungkin sesuai dengan gempa di padang yg terjadi jam 17:16..

Popular posts from this blog

Kapitalisasi Perguruan Tinggi: Pendidikan dan Profesi Tanpa Masa Depan

 [draft]  Logika kapitalisnya kira2 begini: ada tren PTSpts menurunkan std renumerasi dosen, tp std gelar naik ke S3. Lalu, dengan Negara mensubsidi konon kesejahteraan dosen melalui insentif jafung, serdos, dan hibah2 riset, abdimas, maka dgn jaminan dosen2 S2/S3, maka PTSpts menaikkan std intake spp, namun...Renumerasi pokok dosen diturunkan, dgn logika dosen2 mengurus administrasi dan memenuhi syarat2 BKD PAK dsbnya, akan mendapatkan insentif2 tsb diatas. Sehingga menghemat pengeluaran2 utk menggaji dosen2.Kita belum bicara soal kapitalisasi dan dominasi scopus indeksasi jurnal. Indonesia yg begitu besar dan luas, mungkin bakal kalah rankingnya QS, dll ,  sekejap lagi dgn Brunei.

ketika seseorang tiada berdaya

Ketika orang tak berdaya, dan ia tak punya tempat untuk berpaling memohon pertolongan, sedangkan hatinya t’lah melupakan Sang Khaliq maka kekerasan adalah jalan pintas untuk membalas. Ketika pertolongan yang diharapkan tak kunjung tiba sedangkan jiwa seseorang itu tak mampu lagi menarik hikmah dari kejadian yang menimpa dirinya, maka sekali lagi kekerasan adalah jalan pintasnya. Si Miskin yang miskin harta sekaligus miskin jiwanya berjumpa dengan Si Kaya yang kaya harta tapi miskin jiwanya seperti Si Miskin. Si Miskin berburuk sangka, demikian pula Si Kaya berburuk sangka pula. Si Miskin karena kemiskinannya berpikir Si Kaya-lah penyebab kemiskinan-kemiskinan di dunia. Si Miskin yang karena kemiskinannya kurang makan ditambah pula miskin jiwanya pada akhirnya menjadi bermalas-malasan. Sedangkan Si Kaya karena kesuksesannya menjadi lahap makan tak kenyang-kenyang, enak kurang enak, sedap kurang sedap, sementara jiwanya tetap kosong kelaparan pada akhirnya menjadi bermalas-malasan ju

Osamu Tezuka and The Heart of Manga

Pada awalnya di Jepang, komik secara umum di kenal dalam dua bentuk, yaitu ‘manga’ dan ‘gekiga’. Manga sebagai model komik yang mendapat pengaruh dari masuknya kartun-kartun eropa dan amerika generasi awal, yang muncul terlebih dahulu menjadi sedemikian populernya sehingga menjadi role model dalam membuat komik. Kemapanan ini menimbulkan pergerakan dari pinggiran, anak-anak muda banyak yang menginginkan perubahan dan mencari bentuk-bentuk baru. Muncullah ‘gekiga’ yang secara harfiah bertolak belakang dengan ‘manga’ secara umum pada masa itu. Gekiga mengambil sudut pandang realisme-sosial yang menggunakan pendekatan yang lebih dramatis dan moody, tetapi biasanya penuh aksi laga yang menyangkut kondisi masyarakat pinggiran yang keras. Begitulah sekilas tentang ‘manga’ dan ‘gekiga’ sebagai rival yang saling menyeimbangkan, sebelum akhirnya muncul sebuah nama yang secara tak langsung menyatukan kualitas kedua bentuk komik Jepang tersebut, yaitu Osamu Tezuka, sang ‘Manga no Kamisama’ atau ‘