Skip to main content

Malaikat dan Syaitan

Sungguh aneh mengapa 'syaitan' yang mengenal Allah dan tahu kalau azab Allah sangat keras berani membangkang. Alasannya adalah karena kesombongannya. Sungguh menakutkan rasa 'sombong' ini, mudah-mudahan kita selalu dilindungi dari perasaan sombong itu, dan kalaupun terbersit semoga kita ditolongNya agar cepat mengisyafi diri.

Ini sekedar pemahaman saya bermain-main dengan pikiran yang mungkin berbahaya bagi orang yang salah mengira sebagai sesuatu yang serius dan benar. Syaitan dan Malaikat belum mempunyai 'pekerjaan' khusus mendampingi manusia sebelum Adam dan Hawa diciptakan.
Pekerjaan syaitan untuk menggoda, dan pekerjaan malaikat untuk mencatat dan melaksanakan perintah Allah yang berkenaan dengan kehidupan manusia. Semuanya bermula karena Sunatullah dengan penciptaan manusia sebagai khalifah di dunia.
Sesuatu hal yang barangkali kita anggap sebagai metafora di dunia fana ini besar kemungkinannya adalah sesuatu yang wujud nyata di alam akhirat kelak. Misalnya Cahaya dimana para malaikat diciptakan. Kita mengetahui konsep cahaya yang terang menerangi, tetapi bukan berarti cahaya dimana para malaikat dilahirkan itu seperti cahaya yang berasal dari bola lampu pijar ataupun cahaya bintang matahari. Demikian juga dengan api tempat asal syaitan diciptakan, bukan berarti api itu api kompor gas atau jilatan api dipermukaan matahari.

Malaikat adalah mahkluk ciptaan Allah yang penurut, dan Allah sekali-kali bukan seperti manusia yang kalau punya hamba penurut lalu sesuka hati berbuat sewenang-wenang. Meskipun Allah mempunyai kekuasaan untuk berbuat apa saja tetapi tidak berarti Malaikat yang penurut dijadikan Allah sebagai alat kesewenang-wenanganNya. Demikian juga dengan syaitan, meskipun ia diciptakaNya sebagai oposisi dari sifat-sifat Malaikat yang penurut, Allah tidak sewenang-wenang membuat syaitan membangkang tak menentu. Pembangkangan syaitan mempunyai sebab, dan penyebab pembangkangan itu adalah rasa sombong sehingga ketika Allah menciptakan Adam dan menyuruh para malaikat dan syaitan untuk bersujud, syaitan menolak dan membangkang kepada perintah Allah.

Padahal ia tahu kesalahannya akan dihukum sangat berat oleh Allah. Dan azab paling pedih yang harus ia terima adalah berasal dari ucapan dan tantangannya sendiri terhadap Allah, yaitu harus menggoda manusia selama-lamanya hingga tiba hari kiamat. Syaitan menantang bahwa manusia yang Allah ciptakan itu lebih rendah dari dia, manusia tidak akan menerima keberadaan Allah pencipta mereka. Ia akan menggoda dengan berbagai cara dan dari berbagai arah. Cara baik-baik maupun cara yang menakutkan. Karena itu umat manusia harus berupaya terus menerus tawadlu rendah hati dan insyaf agar dapat membuka selubung-selubung hati yang ditutupi oleh godaan syaitan.

Perjuangan inilah yang dirasakan oleh penulis sangat berat. Semakin kita ingin cepat membuka selubung itu semakin sulit dan berat, dan semakin mudah tersesat.

Pada akhirnya syaitan akan menyerah kalau manusia berhasil membuktikan dirinya adalah mahkluk ciptaan Allah yang pantas memegang kekhalifahan di dunia. Kalau seluruh umat manusia dapat membendung diri dari godaan syaitan, maka pada saat itulah Allah membuktikan kesalahan nyata dari keraguan dan pembangkangan syaitan. Dan pada saat itu pulalah, syaitan akan menyerah dan dengan demikian berakhirlah hukuman baginya untuk menggoda manusia. Kiamat datang, dan masing-masing mahkluk Allah akan ditimbang dan diberi balasan sesuai amal dan perbuatannya. Demikian juga malaikat dan syaitan.

Comments

Popular posts from this blog

Kapitalisasi Perguruan Tinggi: Pendidikan dan Profesi Tanpa Masa Depan

 [draft]  Logika kapitalisnya kira2 begini: ada tren PTSpts menurunkan std renumerasi dosen, tp std gelar naik ke S3. Lalu, dengan Negara mensubsidi konon kesejahteraan dosen melalui insentif jafung, serdos, dan hibah2 riset, abdimas, maka dgn jaminan dosen2 S2/S3, maka PTSpts menaikkan std intake spp, namun...Renumerasi pokok dosen diturunkan, dgn logika dosen2 mengurus administrasi dan memenuhi syarat2 BKD PAK dsbnya, akan mendapatkan insentif2 tsb diatas. Sehingga menghemat pengeluaran2 utk menggaji dosen2.Kita belum bicara soal kapitalisasi dan dominasi scopus indeksasi jurnal. Indonesia yg begitu besar dan luas, mungkin bakal kalah rankingnya QS, dll ,  sekejap lagi dgn Brunei.

ketika seseorang tiada berdaya

Ketika orang tak berdaya, dan ia tak punya tempat untuk berpaling memohon pertolongan, sedangkan hatinya t’lah melupakan Sang Khaliq maka kekerasan adalah jalan pintas untuk membalas. Ketika pertolongan yang diharapkan tak kunjung tiba sedangkan jiwa seseorang itu tak mampu lagi menarik hikmah dari kejadian yang menimpa dirinya, maka sekali lagi kekerasan adalah jalan pintasnya. Si Miskin yang miskin harta sekaligus miskin jiwanya berjumpa dengan Si Kaya yang kaya harta tapi miskin jiwanya seperti Si Miskin. Si Miskin berburuk sangka, demikian pula Si Kaya berburuk sangka pula. Si Miskin karena kemiskinannya berpikir Si Kaya-lah penyebab kemiskinan-kemiskinan di dunia. Si Miskin yang karena kemiskinannya kurang makan ditambah pula miskin jiwanya pada akhirnya menjadi bermalas-malasan. Sedangkan Si Kaya karena kesuksesannya menjadi lahap makan tak kenyang-kenyang, enak kurang enak, sedap kurang sedap, sementara jiwanya tetap kosong kelaparan pada akhirnya menjadi bermalas-malasan ju

Osamu Tezuka and The Heart of Manga

Pada awalnya di Jepang, komik secara umum di kenal dalam dua bentuk, yaitu ‘manga’ dan ‘gekiga’. Manga sebagai model komik yang mendapat pengaruh dari masuknya kartun-kartun eropa dan amerika generasi awal, yang muncul terlebih dahulu menjadi sedemikian populernya sehingga menjadi role model dalam membuat komik. Kemapanan ini menimbulkan pergerakan dari pinggiran, anak-anak muda banyak yang menginginkan perubahan dan mencari bentuk-bentuk baru. Muncullah ‘gekiga’ yang secara harfiah bertolak belakang dengan ‘manga’ secara umum pada masa itu. Gekiga mengambil sudut pandang realisme-sosial yang menggunakan pendekatan yang lebih dramatis dan moody, tetapi biasanya penuh aksi laga yang menyangkut kondisi masyarakat pinggiran yang keras. Begitulah sekilas tentang ‘manga’ dan ‘gekiga’ sebagai rival yang saling menyeimbangkan, sebelum akhirnya muncul sebuah nama yang secara tak langsung menyatukan kualitas kedua bentuk komik Jepang tersebut, yaitu Osamu Tezuka, sang ‘Manga no Kamisama’ atau ‘