Skip to main content

Sebenarnya...

Sebenarnya apa sih kerjanya pemerintah kita? Mulai dari pejabat teras atas sampai ke dinas-dinas kedaerahan.
Kedelai, bahan dasar pembuatan tahu dan tempe, makanan rakyat Indonesia sudah sejak lama harus dibantu oleh impor. Permasalahan ini sudah muncul sejak era Orba, sayangnya masih banyak masyarakat menilai itu masalah yang baru muncul. Begitu banyak jejak peninggalan Orba yang ibarat luka setitik dikulit kaki yang akhirnya sekarang berlubang dan membusuk.

Sebenarnya apa kerja dinas-dinas pemerintah yang bertanggung jawab terhadap hal ini? Apakah hanya mengurus birokrasi dan administrasi? Mungkin.

Kalau makanan rakyat seperti tahu dan tempe, pemerintah saja tidak becus mengurusnya, apalagi yang bisa diharapkan. Gonta-ganti pemerintahan pun sama saja, karena yang ditukar hanya pucuk-pucuk pimpinan, sementara masih banyak yang tak becus duduk di jajaran bawah dan lapangan. Apakah kerja pemerintah hanya menyusun undang-undang dan menambah daftar barang dan jasa untuk dikenai cukai pajak?

Dulu jaman Orba hanya ada satu Raja Diraja, sekarang dengan otonomi daerah dan maraknya pilkada, maka bertambahlah raja-raja kecil di seluruh nusantara. Mental birokrat yang seharusnya melayani masyarakat, dijaman Orba sudah dilatih utk menjadi sebaliknya. Rakyatlah yang melayani birokrat. Bukankah untuk mengurus KTP, surat-surat dan legalisir berbagai keperluan masyarakat harus nerimo apa adanya dan perlu merendahkan diri serta menyembah-nyembah supaya dilancarkan urusan (apalagi yang tidak punya duit untuk memperlancar urusan di birokrasi).

Gaji kecil (utk pegawai rendahan, gaji dirasa kecil karena kerja melelahkan, utk pegawai teras, gaji dirasa kecil dibandingkan dengan resiko jabatan) sudah biasa menjadi alasan untuk mencari duit sampingan dengan cara menekan orang yang dibawahnya. Seperti bisnis, untuk menjadi pejabat semakin tinggi kedudukan semakin besar modal yang diperlukan. Untuk itu setelah mendapatkan kedudukan maka upaya untuk mengembalikan modal dilakukan terlebih dulu. Ada yang menjadi tamah, sehingga sepanjang karir digunakan total untuk merauk keuntungan pribadi dan hampir tidak ada pembangunan berarti dan bermanfaat dilakukan untuk masyarakat.

Lebih lucunya lagi, ketika BPOM badan pengawasan obat dan makanan membuat pernyataan mengenai kasus susu bayi terkontaminasi bakteri berbahaya bahwa akan dilakukan penelitian terhadap susu-susu formula untuk MENENTRAMKAN masyarakat. Penelitian dilakukan karena adanya masukan peringatan dari IPB hasil penelitian para dosen disana terhadap berbagai merek susu bayi formula yang beredar di tengah-tengah masyarakat.
"Menentramkan!?" betapa menggelikannya, kesibukan menelitii bertujuan untuk menentramkan masyarakat. Saya heran apa sebenarnya tugas pelayanan masyarakat dari badan kesehatan obat dan makanan ini? Bukankah seharusnya tugas mereka bukan menentramkan tetapi "MELINDUNGI" masyarakat dari produk-produk obat dan makanan yang berbahaya?
Tapi maklumlah, ini lah hasil pendidikan Orba. Masyarakat keracunan sampai mati barulah dianggap ada kasus, selama masyarakat konsumen masih sanggup hidup keracunan, selama itu pula dianggap tidak berbahaya. Rakyat Indonesia memang dibiarkan hidup untuk dibodohi.

Dua hal mendasar yaitu kebutuhan makanan dasar rakyat seperti kedelai, dan kebutuhan akan kesehatan, sama sekali tidak menjadi perhatian pemerintah kita. Memang sungguh malang, kita sebagai rakyat Indonesia mengalami cobaan sedemikian rupa. Memang cobaan terberat bagi rakyat Indonesia adalah diberikan cobaan berupa mendapatkan pemerintah yang tidak mampu berbuat apa-apa untuk rakyatnya. Mudah-mudahan tidak banyak pejabat kita yang suka main angkat sumpah demi meyakinkan massa pendukungnya. Amin.

Comments

Popular posts from this blog

Kapitalisasi Perguruan Tinggi: Pendidikan dan Profesi Tanpa Masa Depan

 [draft]  Logika kapitalisnya kira2 begini: ada tren PTSpts menurunkan std renumerasi dosen, tp std gelar naik ke S3. Lalu, dengan Negara mensubsidi konon kesejahteraan dosen melalui insentif jafung, serdos, dan hibah2 riset, abdimas, maka dgn jaminan dosen2 S2/S3, maka PTSpts menaikkan std intake spp, namun...Renumerasi pokok dosen diturunkan, dgn logika dosen2 mengurus administrasi dan memenuhi syarat2 BKD PAK dsbnya, akan mendapatkan insentif2 tsb diatas. Sehingga menghemat pengeluaran2 utk menggaji dosen2.Kita belum bicara soal kapitalisasi dan dominasi scopus indeksasi jurnal. Indonesia yg begitu besar dan luas, mungkin bakal kalah rankingnya QS, dll ,  sekejap lagi dgn Brunei.

ketika seseorang tiada berdaya

Ketika orang tak berdaya, dan ia tak punya tempat untuk berpaling memohon pertolongan, sedangkan hatinya t’lah melupakan Sang Khaliq maka kekerasan adalah jalan pintas untuk membalas. Ketika pertolongan yang diharapkan tak kunjung tiba sedangkan jiwa seseorang itu tak mampu lagi menarik hikmah dari kejadian yang menimpa dirinya, maka sekali lagi kekerasan adalah jalan pintasnya. Si Miskin yang miskin harta sekaligus miskin jiwanya berjumpa dengan Si Kaya yang kaya harta tapi miskin jiwanya seperti Si Miskin. Si Miskin berburuk sangka, demikian pula Si Kaya berburuk sangka pula. Si Miskin karena kemiskinannya berpikir Si Kaya-lah penyebab kemiskinan-kemiskinan di dunia. Si Miskin yang karena kemiskinannya kurang makan ditambah pula miskin jiwanya pada akhirnya menjadi bermalas-malasan. Sedangkan Si Kaya karena kesuksesannya menjadi lahap makan tak kenyang-kenyang, enak kurang enak, sedap kurang sedap, sementara jiwanya tetap kosong kelaparan pada akhirnya menjadi bermalas-malasan ju

Osamu Tezuka and The Heart of Manga

Pada awalnya di Jepang, komik secara umum di kenal dalam dua bentuk, yaitu ‘manga’ dan ‘gekiga’. Manga sebagai model komik yang mendapat pengaruh dari masuknya kartun-kartun eropa dan amerika generasi awal, yang muncul terlebih dahulu menjadi sedemikian populernya sehingga menjadi role model dalam membuat komik. Kemapanan ini menimbulkan pergerakan dari pinggiran, anak-anak muda banyak yang menginginkan perubahan dan mencari bentuk-bentuk baru. Muncullah ‘gekiga’ yang secara harfiah bertolak belakang dengan ‘manga’ secara umum pada masa itu. Gekiga mengambil sudut pandang realisme-sosial yang menggunakan pendekatan yang lebih dramatis dan moody, tetapi biasanya penuh aksi laga yang menyangkut kondisi masyarakat pinggiran yang keras. Begitulah sekilas tentang ‘manga’ dan ‘gekiga’ sebagai rival yang saling menyeimbangkan, sebelum akhirnya muncul sebuah nama yang secara tak langsung menyatukan kualitas kedua bentuk komik Jepang tersebut, yaitu Osamu Tezuka, sang ‘Manga no Kamisama’ atau ‘